Cara Menulis Data File TXT dengan Formatter Pada Java



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada tutorial sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara membuat dan menulis data String menggunakan class library BufferedWriter, selain menggunakan BufferedWriter, pada pemrograman java kita juga dapat menggunakan class library Formatter, class tersebut berada pada package java.until.formatter, untuk menulis data dengan ekstensi (.txt).

Disini kita akan belajar membuat program sederhana menggunakan class Formatter untuk membuat file TXT dan menulis data didalamnya, untuk menggunakan class tersebut caranya cukup mudah, hampir sama dengan BufferedWriter. Berikut mari kita simak lebih lanjut.

Materi lainnya yang direkomendasikan:

Cara Menulis Data File TXT dengan Formatter Pada Java

1) Buka aplikasi Netbeans IDE kalian, Buat Project Baru.

2) Pertama kita perlu membuat file .txt nya terlebih dahulu. kalian dapat membuatnya menggunakan Notepad (pastikan kalian belum menambahkan data apapun didalamnya), lalu simpan file tersebut, misalnya pada Local Disk E: atau didalam Projectnya langsung.

3) Buat dan buka class .java kalian, pada class tersebut, berbeda dengan tutorial sebelumnya, disini kita hanya perlu menggunakan 1 class saja, yaitu Formatter.
package WildanTechnoArt;

import java.io.FileNotFoundException;
import java.util.Formatter;

public class BelajarJava {
    
    public static void main(String[] args){
            
         try (Formatter file = new Formatter("E:\\WildanTechnoArt\\ContohFile.txt")) {
                
             //Menulis data baru pada file yang bersangkutan
             file.format("%s %n", "Android Developer");
             file.format("%s %n", "Blogger");
             file.format("%s %n", "Bisnis Online");
            
        }catch(FileNotFoundException ex){
            //Menampilkan pesan jika file tidak ditemukan
            System.out.println("File Tidak Ditemukan"); 
        }
    }
}
Pada program tersebut, pertama kita membuat objek file dan merepresentasikan lokasi path file yang sudah kita buat sebelumnya. lalu kita buat block try resource-statement, didalam tanda (), kita membuat objek Formatter, yang berguna untuk membuat dan menulis teks baru.

Untuk menulis data baru kita menggunakan fungsi format, yang didalamnya kita menggunakan format standar yaitu simbol (%s) untuk menentukan spesifiksai nilai String dan (%n) untuk membuat baris baru.

Penggunaan try resource statement bertujuan agar sistem dapat menutup dan menyimpan operasi stream secara otomatis. Lalu dengan menggunakan catch, program akan menampilkan pesan jika file tidak ditemukan, tetapi, jika kita belum membuat file tersebut, maka secara otomatis sistem akan membutnya sendiri.

Selanjutya jalankan program tersebut, jika sudah coba kalian buka kembali file .txt tersebut menggunakan Notepad atau sejenisnya, Maka data-data yang ditulis tadi akan muncul disana.

Demo:


Sekian dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan, jika ada yang ingin ditanyaka, silakan isi kolom komentar dibawah ini.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Disqus Comments