Cara Membaca FIle TXT dengan BufferedReader Pada Java


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

BufferedReader pada Bahasa pemrograman Java, merupakan suatu class library yang digunakan untuk membaca data yang di inputkan oleh user. Pada tutorial sebelumnya, saya pernah memprosting mengenai penggunaan dasar BufferedReader untuk proses Input dan Output data pada pemrograman Java.


Selain untuk membaca input, dapat juga digunakan untuk mengubah byte stream menjadi character, yang artinya data dari sebuah file dapat dikonversi menjadi data chcracter stream sehingga data pada file tersebut dapat ditampilkan.

Materi lainnya yang direkomendasikan:

BufferedReader dapat digunakan untuk membaca data didalam file dengan format .TXT, dan menampilkan hasilnya pada layar dengan mengkonversi data byte stream menjadi character stream menggunakan fungsi InputStreamReader().

Pada tutorial ini kita akan membuat project sederhana dengan menggunakan BufferedReader, didalam project tersebut kita akan membuat sebuah file dengan format .txt, yang berisi data-data String. Sebelum kalian mempelajari materi ini, saya sarankan kalian untuk mempelajar materi yang sudah saya buat sebelumnya, yaitu mengenai penggunaan BufferedReader untuk proses input dan output. Tutorial sudah saya cantumkan diatas.

Cara Membaca FIle TXT dengan BufferedReader Pada Java

1) Buka aplikasi Netbeans IDE kalian, Buat Project Baru.

2) Pertama kita perlu membuat file .txt nya terlebih dahulu, caranya klik kanan pada Project kalian, lalu klik New > Other


3) Secara default menu Empty File tidak ada, jadi kita pelu menambahkannya pada menu other, pilih Other > Empty File, lalu setelah itu Klik Next.


4) Berinama file tersebut lalu tentukan lokasi penyimpanan filenya, agar lebih mudah, kita simpan file tersebut didalam folder Projectnya langsung, jadi kalian tinggal klik Finish saja, tidak perlu mengklik tombol Browse.


5) Jika berhasil, maka aka muncul file baru yang telah kita berinama tadi.


6) Buka file tersebut, sebagai contoh, disana saya membuat biodata diri saya sendiri. data-data tersebut nantinya akan dibaca dan ditampilkan pada layar menggunakan BufferedReader.


7) Buka class java kalian. disini kita akan gunakan BufferedReader untuk mengubah file tersebut kedalam character stream menggunakan InputStreamReader agar dapat dibaca.
package WildanTechnoArt;

import java.io.BufferedReader;
import java.io.File;
import java.io.FileNotFoundException;
import java.io.FileReader;

/*
 * By: Wildan M Athoillah
 */

public class BelajarBufferedReader {
    
    public static void main(String[] args){
        
        //Representasi lokasi file yang akan dibaca
        File file = new File("contohFile.txt");
        
        //Menggunakan try with resource statement
        try(BufferedReader br = new BufferedReader(new FileReader(file))){
            
            //Untuk mengambil baris data yang ada pada File
            String barisData;
            
            //Menampilkan semua baris data didalam file contohFile.txt
            while((barisData = br.readLine())!= null){
                System.out.println(barisData);
            }
            
            //Digunakan untuk menangani kesalahan jika terjadi error
        }catch(FileNotFoundException ex1){
            
            //Menangani kesalahan jika file tersebut tidak ditemukan
            System.out.println("File tidak ditemukan "+ file.toString());
        
        }catch(Exception ex2){
            //Menangani kesalahan jika file tersebut tidak dapat dibaca
            System.out.println("File tidak dapat dibaca "+ file.toString());
        
        }
    }
    
}
Coba kalian perhatikan source code tersebut, pertama kita merepresentasikan lokasi dari file yang akan di eksekusi, karena file tersebut tidak disimpan pada lokasi seperti lokal disk C atau D didalam komputer, jadi kita cukup memanggil nama filenya saya didalam argument constructor dari class File().

Selanjutnya kita menggunakan try with resource statement, untuk menangani jika terjadi error pada program tersebut, didalam parameter try tersebut kita membuat objek dari BufferedReader yang mewrisi InputStreamReader(), untuk mengkonversi byte stream kedalam character stream, agar file tersebut dapat dibaca.

Berikutnya kita membuat file String barisData dengan nilai null, variable tersebut digunakan untuk mengambil atau membaca data String didalam file tersebut, menggunakan fungsi readLine(). Karena didalam file tersebut terdapat beberapa baris data, jadi kita menggunakan while, untuk melooping proses pengambilan data, agar semua data dialam file contohFile.txt dapat ditampilkan.

Jalankan project tersebut, maka hasilnya akan seperti berikut ini.

Demo:


Sekian dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan, jika ada yang ingin ditanyaka, silakan isi kolom komentar dibawah ini.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Disqus Comments