Belajar Cara Menginstall Firebase CLI dengan NodeJS



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Apa itu Firebase CLI?, Firebase CLI adalah sebuah Platform yang digunakan untuk mengelola, melihat dan melakukan penerapan project Firebase. Dengan menggunakan Firebase CLI, kita dapat dengan mudah untuk mengelola project tanpa harus membuka Firebase Console melalui Browser, platform ini juga digunakan untuk menerapkan kode Node.JS yang digunakan untuk mengelola Firebase Cloud Function yang dapat menjalankan kode back-end secara otomatis.

Jika ada yang belum tahu mengenai Node.js, singkatnya Node.js adalah perangkat lunak yang didesain untuk mengembangkan aplikasi berbasis web yang ditulis dalam bahasa pemrograman JavaScript. Jadi kalian sudah pernah menggunakan Node.js atau sudah familiar dengan JavaScript, pasti akan lebih mudah untuk menggunakannya.

Materi lainnya yang direkomendasikan:

Firebase CLI dapat diterapkan untuk:
  1. Membuat Rilis baru dari situs Firebase Hosting Kita
  2. Membuat Fungsi Cloud Functions baru atau yang sudah ada dengan kode Node.JS
  3. Mengaturan Firebase Realtime Database
  4. Mengaturan Cloud Storage
  5. Mengaturan Cloud Firestore
  6. Indeks untuk Cloud Firestore

Itu dia beberapa fungsi yang dapat digunakan oleh Firebase CLI, sebelum belajar cara menggunakan Fireabase CLU, pada tutorial ini kita akan mulai belajar cara installasinya terlebih dahulu, caranya cukup mudah, untuk itu mari kita simak tutorial berikut ini.

Belajar Cara Menginstall Firebase CLI dengan NodeJS

1) Pertama untuk menginstall Firebase CLI, kita perlu menginstall Node.js terlebih dahulu, setelah Node.js terinstall, kalian dapat menginstal Firebase CLI melalui CMD (Untuk pengguna Windows) atau sejenisnya. Download dan Install Node.js.

2) Jika sudah, buka CMD pada komputer atau laptop kalian, untuk menginstall Firebase CLI, ketik perintah berikut ini.
npm install -g firebase-tools
3) Beriktunya arahkan kembali pada CMD kalian, lalu login Firebase menggunakan akun Gmail kalian, dengan cara mengetikan perintah berikut ini.
firebase login
Jika berhasil, maka pada browser kalian akan mucul tulisan seperti berikut ini.


Jika sebelumnya kalian telah memiliki project didalam Firebase, kalian dapat melihat daftar project tersebut dengan cara menggunakan perintah berikut ini.
firebase list
4) Sampai disini kalian telah berhasil menginstal Firebase CLI dan siap untuk digunakan, untuk melihat fitur yang disediakan oleh Firebase CLI, ketik perintah berikut ini
firebase init
Maka akan muncul menu project seperti pada gambar dibawah ini.


Untuk menentukan fitur mana yang akan dipilih, kita tinggal mengklik tombol up/down di keyboard kalian, dan untuk memilih fitur tersebut, tinggal mengklik tombol space lalu tekan enter. Penjelasan lebih lanjut mengenai cara penerapannya pada Project Firebase akan dibahas pada tutorial selanjutnya.

Sekian dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan, jika ada yang ingin ditanyaka, silakan isi kolom komentar dibawah ini.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Disqus Comments