Cara Membuat Aplikasi CRUD Menggunakan Firebase Realtime Database


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabawarakatuh.

Buat para developer, pastinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi CRUD (Create, Read, Update dan Delete). aplikasi semacam ini umum digunakan untuk pendataan karyawan, pelajar, penyimpanan barang, dan masih banyak. Sebelumnya saya pernah memposting tutorial membuat aplikasi CRUD dengan menggunakan Database SQLite yang berjalan secara Offline.

Pada kesempatan ini saya akan share mengenai cara pembuatan aplikasi CRUD dengan server Cloud menggunakan Firebase Realtime Database, karena datanya disimpan di cloud, itu artinya aplikasi ini berjalan secara online.


Firebase Realtime Database adalah database NoSQL yang digunakan untuk menyimpan, membaca, menulis dan mengambil data secara Realtime yang disingkronkan kepada klien yang terhubung. Database ini meyimpan data dengan menggunakan Format JSON.

Dengan menggunakan Firebase, walaupun klien tidak terkoneksi internet, klien dapat menerima setiap perubahan data yang ada, saat klien terkoneksi kembali dengan Internet, peristiwa realtime akan terus berlangsung, sehinggal user dapat pengalaman yang responsif.

Cara Membuat Aplikasi CRUD Menggunakan Firebase Realtime Database

Tutorial ini terbagi menjadi 6 bagian, yaitu Manambahkan Firebase pada Project Android, Membuat sistem Autentikasi, membuat fungsi Create, Read, Update dan Delete. aplikasi yang akan kita buat yaitu, aplikasi sederhana untuk pendataan Mahasiswa, untuk input dan juga nama aplikasinya bisa kalian sesuaikan sendiri. Screenshot hasil akhir dari aplikasi tersebut seperti brikut ini.

Screenshot:






Berikut ini merupkan 6 bagian meteri yang akan kita pelajari dari awal hingga akhir, semoga bermanfaat.

  1. Menambahkan Firebase ke Project aplikasi android (LINK).
  2. Membuat Sistem Autentikasi dengan akun Google (LINK).
  3. Membuat Fungsi Create data, untuk menyimpan data baru (LINK).
  4. Membuat Fungsi Read data, untuk membaca dan menampilkan data (LINK).
  5. Membuat Fungsi Update data, untuk mengubah data (LINK).
  6. Membuat Fungsi Delete data, untuk menghapus data (LINK).

Terimakasih atas kunjungannya, semoga tutorial yang saya berikan bisa bermanfaat untuk kalian semua, selebihnya, mohon maaf bila ada kesalahan. Jika ada yang ingin kalian tanyakan, silakan isi kolom komentar dibawah.

Project tersebut bisa kalian download di akun Github saya, Klik Disini.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Disqus Comments