Cara Menjalankan Project Android Studio ke HP Android (USB Debugging)


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Saat kita mengembangkan suatu aplikasi menggunakan Android Studio, pastingan memerlukan beberapa kali tes atau pengujian aplikasi tersebut pada perangkat android, untuk memudahkan seorang developer dalam mengembangkan aplikasinya, salah satu kemudahan pada Andrid Sudio, yaitu, kita dapat secara langsung menguji aplikasi tersebut pada smartphone android, dengan menghubungkan perangkat menggunakan kabel USB, jadi kita tidak perlu repot-repot lagi menggunakan emulator.

Cara Menjalankan Project Android Studio ke HP Android (USB Debungging)

Karena jika menggunakan emulator, banyak keluhan, seperti prosesnya lama atau memerlukan spesifikasi yang besar, dengan menggunakan perangkat android, kita dapat secara lengsung merunning aplikasi tersebut pada ponsel android untuk menguji apakah terdapat error, sebelum  kita publish.

Pada tutorial ini, akan saya jelaskan mengenai cara menjalankan project yang kita buat di Android Studio ke perangkat android. Kalau bahasa umumnya bisa kita sebut, mendeploy aplikasi.
Materi Lainnya Yang Direkomendasikan

A.Membuka Developer Mode atau Opsi Pengembangan

Untuk membuaka opsi pengembangan pada ponsel android kalian, pertama masuk kedalam Pengaturan atau Setting, opsi pengembangan akan terlihat seperti ini.

Opsi Pengembangan Pada Ponsel Android

Jika Opsi Pengembangan atau Developer Mode pada ponsel Android tersebut tidak ada, kalian dapat mengaktifkannya dengan cara, buka menu About Phone/Tentang Ponsel.

Mengaktifkan Opsi Pengembangan

Disana terdapat Nomor bentukan atau Build Number, kalian klik (sebanyak5x atau lebih) sampai muncul pesan "Anda Sudah Menjadi Pengembang" atau Sejenisnya.

Jika sudah, kembali ke menu pengaturan, disini akan muncul menu baru bernama, Opsi Pengembangan (Developer Mode), klik menu tersebut, makan kalian akan dialihkan pada halaman Pengembang seperti berikut ini.

Mengaktifkan Debugging Mode

Pertama aktifkan terlebih dahulu Opsi pengembang, lalu ceklis pada bagian Debugging USB.

B.Installasi Driver dan Konfigurasi Android Studio

Sebelumnya kita sudah mengaktifkan USB Debugging pada Ponsel Android, selanjutnya kalian harus menginstall Driver untuk ponsel android tersebut, kalian dapat mendownloadnya di Internet, sesuai dengan merk dan jenis Androidnya, supaya bisa terbaca oleh komputer/laptop.

Buka aplikasi Android Studio kalian, buatlah project baru.

Pertama kita install terlebih dahulu Google USB Driver pada Android Studio, caranya klik SDK Manager.

SDK Manager

Buka SDK Tools, lalu cari Google USB Driver, setelah ketemu, kalian download komponen tersebut, dengan mengklik tombol Apply dan Ok.


Sambungkan perangkat Android kalian menggunakan kabel USB, Sekarang coba Klik Run/Jalankan Project tersebut, maka akan terlihat seperti ini.

Run Project Menggunakan Perangkat Android

Demo:

Demo Project

Terimakasih atas kunjungannya, semoga tutorial yang saya berikan bisa bermanfaat untuk kalian semua, selebihnya, mohon maaf bila ada kesalahan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.