Belajar Cara Menginstall Flutter pada Windows


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sebelumnya saya sering memposting tutorial mengenai pemrograman Android menggunakan Java/Kotlin pada Android Studio. Kali ini kita belajar Materi baru yang berfokus pada aplikasi Cross-Platform menggunakan Flutter. Flutter adalah SDK yang dikembangkan oleh Google untuk pengembangan Aplikasi mobile.

WildanTechnoArt-Belajar Cara Install Flutter pada Windows

Dengan menggunakan Flutter, kita dapat membuild aplikasi ke 2 Platform sekaligus, yaitu Android dan IOS dari Codebase tunggal, Penggunaannya yang cepat dan fleksibel, membuat Flutter banyak digemari oleh para developer, salah satu keistimewahan Flutter yaitu, fitur hot reload, yang dapat digunakan untuk membuild dan menampilkan hasilnya pada layar hanya dalam beberapa detik.

Flutter berfokus pada pembangunan User Interface dengan menggunakan bahasa pemrograman Dart, jika kalian sudah terbiasa dengan bahasa pemrograman OOP seperti Java, pastinya mudah sekali untuk dipelajari. Selain itu Flutter juga menyertakan kerangka reactive-functional, mesin render 2D, widget siap pakai, dan tools untuk pengembangan.

Ada beberapa tools yang harus kita siapkan, yaitu:
  1. Android Studio untuk Installasi Android SDK Platform-Tools, and Android SDK Build-Tools serta mempersiapkan Emulator.
  2. Flutter SDK
  3. Tools Editor, bisa menggunakan Android Studio, Visual Studio Code atau IntelliJ IDEA.

Untuk belajar Flutter, kita hanya akan menggunakan Visual Studio Code sebagai Editornya.

Belajar Cara Installasi Flutter pada Windows

1) Pertama download dan install Android Studio

2) Download dan Install Visual Studio Code yang akan kita gunakan sebagai Text Editornya.

3) Selanjutnya Download Futter SDK pada Website resminya, disini.

Download Flutter SDK

Simpan dan Ekstrak file tersebut pada lokasi yang diinginkan.

4) Selanjutnya Update Path pada Flutter tersebut, yang mengarah pada direktori bin didalam flutter. Caranya : Klik kanan pada My Computer > Properties > Advanced system settings

Setting Path
Pada bagian ini, klik Environment Variable.

5) Klik pada bagian Path, untuk mengatur path lokasi bin pada Flutter.

Mengatur Path

6) Atur pathnya, sesuai dengan lokasi dimana kalian menyimpan file Flutter sdk, lalu arahkan pada direktori bin dialam direktori Flutter tersebut. Secara default path yang diatur akan terlihat seperti ini : F:\VisualStudioCode\Microsoft VS Code\bin

Kalian tinggal menambahkan ;E:\Data\WildanTechnoArt\Flutter\flutter\bin, sesuaikan dengan lokasi kalian. jangan lupa untuk menggunakan simbol (;)

Mengatur Path pada untuk lokasi bin pada Flutter

7) Disini kita akan mencoba mengecek, apa-apa saja tools yang kurang untuk menjalankan Flutter, caranya buka CMD, lalu arahkan pada lokasi bin didalam direktori Flutter, lalu ketikan perintah flutter doctor.

Cek Tools uang kurang untuk Flutter menggunakan CMD

Coba kalian perhatikan, terdapat 2 Tools yang belum kita install, yaitu IntelliJ dan Emulator, tapi disini kita tidak akan menggunakan IntelliJ, kita hanya akan menginstall Emulatornya saja.

Emulator tersebut bisa kalian buat menggunakan Android Studio atau langsung menggunakan Ponsel Android yang terhubung menggunakan USB.

8) Selanjutnya buka Visual Studio Code, disini kita harus mengisntall 2 buah Pluign, yaitu Flutter dan Dart.

Install Pluign Flutter dan Dart

9) Sekarang kalian sudah bisa membuat project Flutter menggunakan Visual Studio Code, caranya klik View > Command Pallete, lalu ketikan Flutter.

Flutter new Project

Terimakasih atas kunjungannya, semoga tutorial yang saya berikan bisa bermanfaat untuk kalian semua, selebihnya, mohon maaf bila ada kesalahan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Belajar Cara Menginstall Flutter pada Windows"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel