Belajar Membuat Aplikasi CRUD SQLite Database di Android Studio


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada meteri kali ini, saya akan menjelaskan tahap-tahap cara pembuatan aplikasi CRUD menggunakan SQLite Database. Aplikasi CRUD pastinya sudah tidak asing lagi bagi seorang programmer, selain SQLite, banyak sekali Database yang bisa kita gunakan, seperti Oracle, MySQL, Firebase, dll.

SQLite Database adalah sistem manajemen basisdata relasional yang bersifat ACID-compliant dan memiliki ukuran pustaka kode yang relatif kecil, ditulis dalam bahasa C. SQLite bukan program client-server, melainkan berupa file tunggal atau beberapa file saja. SQLite penggunaannya sangat simple dan mudah dikelola, karena berdiri sendiri didalam aplikasi.


Ada banyak sekali keunggulan pada SQLite Database, berikut ini beberapa keunggulan dari SQLite:

1.Sangat Stabil

SQLite secara aktif dikembangkan oleh beberapa software engineer yang handal. Dalam waktu beberapa bulan, SQLite sering dirilis. Banyak fitur yang telah ditambahkan. Salah satunya fitur dukungan untuk data JSON melalui ekstensi json1. Selain itu, SQLite juga merilis versi perbaikan dari pencarian teks lengkap, yang meliputi hasil pemeringkatan dengan menggunakan algoritma BM25. Pada SQLite juga jarang sekali ditemukan bug didalamnya.

2.Mudah Dikelola


SQLite mudah dikelola karena SQLite merupakan file tunggal (atau beberapa file saja dengan tambahan log transaksi). Dibandingkan dengan database lainnya, SQLite tidak membutuhkan konfigurasi yang banyak da format filenya juga stabil di versi utama.

3.Mode WAL

Mode WAL pertama kali diperkenalkan pada SQLite 3.7.0. Fitur ini digunakan untuk mengatasi kongkurensi dimana aktivitas membaca dan menulis data bisa dilakukan secara bersamaan. Fitur ini sangat berguna jika menggunakan banyak proses yan berkaitan dengan Database

4.Bisa Diperluas

SQLite bisa diperluas dengan ekstensi dan diintegrasikan dengan API. Salah satu contohnya yaitu modul Python Pysqlite yang menjadi driver untuk SQLite. Ada juga modul Python Apsw yang menjadi driver alternatif SQLite. Modul Apsw menyediakan banyak API yang berguna untuk mendefinisikan fungsi kustom SQL, fungsi kolaborasi dan agregat.

5.Sangat Cepat
SQLite sangat cepat jika berjalan pada lingkup yang sama sehingga tidak ada sumber daya tambahan seperti jaringan ketika menjalankan query maupun mengambil data. SQLite benar-benar fleksibel sehingga tidak membutuhkan protokol, serialisasi ataupun komunikasi melalui socket. SQLite juga bisa berjalan pada perangkat mobile, yang kini banyak dipakai di berbagai aplikasi Android.

Kesimpulannya SQLite merupakan mesin database yang unik, fleksibel dan mudah dikelola. SQLite juga bisa menjadi alternatif yang bagus untuk database dalam pengembangan perangkat lunak android.

Dan berikut ini merupakan materi-materi yang akan saya berikan mengenai penggunaan SQLite, untuk membuat aplikasi CRDU (Create, Read, Delete dan Update) pada Android Studio.

Tutorial Untuk Membuat Aplikasi CRUD SQLite Database:

Terimakasih atas kunjungannya, Semoga tutorial yang saya berikan bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya atau isi komentar dibawah ini, selebihnya mohon maaf bila ada kesalahan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Disqus Comments