Membuat Program Menghitung Luas Lingkaran & Jajar Genjang pada Java


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada tuorial ini, kita akan belajar membuat sebuah program untuk menghiung Luas/Keliling Lingkaran dan Jajar Genjang, menggunakan bahasa pemrograman Java, tutorial ini bisa kalian pelajari untuk tugas mata kuliah di kampus kalian, atau bisa kalian kembangkan lagi menjadi aplikasi yang lebih bagus lagi.


Tutorial lainnya Yang Direkomendasikan:

Buat project baru pada Netbeans IDE kalian, lalu buatlah class baru, berinama class tersebut. Pada program yang akan kita buat, kita akan menggunakan class BufferedReader, yang digunakan untuk menadapatkan input dari user, serta beberapa variable pendukung lainnya.

A. Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran

Untuk menghitung luas lingkaran, rumusnya adalah (phi * r * r). Dan untuk menghitung Keliling lingkaran, rumusnya adalah (2 * phi * r). Berikut adalah source code program menggunakan Java, untuk menghitung luas dan keliling linkgaran:
package WILDAN_TECHNO_ART;

//Package Yang Diperlukan
import java.io.BufferedReader;
import java.io.IOException;
import java.io.InputStreamReader;

class lingkaran {
    public static void main(String[] args){
        //Membuat Instance/Objek BufferedReader
        BufferedReader input = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
        
        //Deklarasi Variable
        final double phi = 3.14;
        double r, luas, keliling;
        
        System.out.println("====== MENGHITUNG LUAS DAN KELILING LINGKARAN =====");
        
        try {
            System.out.print("Masukan Panjang Jari-Jari: ");
            //Mendapatkan Input
            r = Double.parseDouble(input.readLine());
            //Menghitung Luas dan Keliling
            luas = phi * r *r;
            keliling = 2 * phi * r;
            
            //Menampilkan Hasil
            System.out.println("Luas Lingkaran: "+ luas);
            System.out.println("Keliling Lingkaran: "+ keliling);
        } catch (IOException ex) {
            System.out.println("Terjadi Kesalahan");
        }
    }
}
Demo:


B. Menghitung Luas dan Keliling Jajar Genjang

Untuk menghitung Luas dan Keliling Jajar Genjang, rumusnya adalah:

Luas = A t (Alas x Tinggi).
Keliling = 2.A + 2.Sm ((2 x Alas) + (2 x SisiMiring)).

Contoh Source codenya seperti berikut ini:
package WILDAN_TECHNO_ART;

//Package Yang Diperlukan
import java.io.BufferedReader;
import java.io.IOException;
import java.io.InputStreamReader;

class jajar_genjang {
    public static void main(String[] args){
        //Membuat Instance/Objek BufferedReader
        BufferedReader input = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
        
        //Deklarasi Variable
        double alas, tinggi, sisi_miring, luas, keliling;
        
        System.out.println("=== MENGHITUNG LUAS DAN KELILING JAJAR GENJANG ===");
        
        try {
            //Memasukan Input
            System.out.print("Masukan Alas: ");
            alas = Double.parseDouble(input.readLine());
            System.out.print("Masukan Tinggi: ");
            tinggi = Double.parseDouble(input.readLine());
            System.out.print("Masukan Sisi Miring: ");
            sisi_miring = Double.parseDouble(input.readLine());
            //Menghitung Luas dan Keliling
            luas = alas * tinggi;
            keliling = 2 * (alas + sisi_miring);
            
            //Menampilkan Hasil
            System.out.println("Luas Jajar Genjang: "+ luas);
            System.out.println("Keliling Jajar Genjang: "+ keliling);
        } catch (IOException ex) {
            System.out.println("Terjadi Kesalahan");
        }
    }
}
Demo:


C. Membandingakan Luas Lingkaran & Jajar Genjang

Pada program berikut ini kita akan membandingkan Luas Lingkaran dan Jajar Genjang, menggunakan operator Relasi:
package WILDAN_TECHNO_ART;

//Package Yang Diperlukan
import java.io.BufferedReader;
import java.io.IOException;
import java.io.InputStreamReader;

public class relasi_demo {
    public static void main(String[] args){
        //Membuat Instance/Objek BufferedReader
        BufferedReader input = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
        
        //Deklarasi Variable Untuk Lingkaran
        final double phi = 3.14;
        double r, luas_L, keliling_L;
        
        //Deklarasi Variable Untuk Jajar Genjang
        double alas, tinggi, sisi_miring, luas_jjg, kelilin_jjg;
    
         try {
             
            System.out.println("====== MENGHITUNG LUAS DAN KELILING LINGKARAN =====");
             
            System.out.print("Masukan Panjang Jari-Jari: ");
            //Mendapatkan Input Untuk Lingkaran
            r = Double.parseDouble(input.readLine());
            //Menghitung Luas dan Keliling
            luas_L = phi * r *r;
            keliling_L = 2 * phi * r;
            
            //Menampilkan Hasil
            System.out.println("Luas Lingkaran: "+ luas_L);
            System.out.println("Keliling Lingkaran: "+ keliling_L);
            
            System.out.println("=== MENGHITUNG LUAS DAN KELILING JAJAR GENJANG ===");
            
            //Memasukan Input Untuk Jajar Genjang
            System.out.print("Masukan Alas: ");
            alas = Double.parseDouble(input.readLine());
            System.out.print("Masukan Tinggi: ");
            tinggi = Double.parseDouble(input.readLine());
            System.out.print("Masukan Sisi Miring: ");
            sisi_miring = Double.parseDouble(input.readLine());
            //Menghitung Luas dan Jajar Genjang
            luas_jjg = alas * tinggi;
            kelilin_jjg = 2 * (alas + sisi_miring);
            
            //Menampilkan Hasil
            System.out.println("Luas Jajar Genjang: "+ luas_jjg);
            System.out.println("Keliling Jajar Genjang: "+ kelilin_jjg);
            
            //Membandingkan Hasil Luas Lingkaran dan Jajar Genjang
            
            boolean relasi1 = luas_L > luas_jjg;
            boolean relasi2 = luas_L < luas_jjg;
            boolean relasi3 = luas_L >= luas_jjg;
            boolean relasi4 = luas_L <= luas_jjg;
            boolean relasi5 = luas_L == luas_jjg;
            boolean relasi6 = luas_L != luas_jjg;
            
            System.out.println("=== OPERATOR RELASI ===");
            System.out.println("Lingkara > JajarGenjang adalah: "+relasi1);
            System.out.println("Lingkara < JajarGenjang adalah: "+relasi2);
            System.out.println("Lingkara >= JajarGenjang adalah: "+relasi3);
            System.out.println("Lingkara <= JajarGenjang adalah: "+relasi4);
            System.out.println("Lingkara == JajarGenjang adalah: "+relasi5);
            System.out.println("Lingkara != JajarGenjang adalah: "+relasi6);
            
        } catch (IOException ex) {
            System.out.println("Terjadi Kesalahan");
        }
    }
}
Demo:


Terimakasih atas kunjungannya, semoga tutorial yang saya berikan bisa bermanfaat untuk kalian semua, selebihnya, mohon maaf bila ada kesalahan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Wildan M Athoillah
Wildan M Athoillah Blogger dan spesialis pembuat aplikasi android.