Membuat Segitiga Piramida dengan Java


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman, yaitu semacam program yang pernah saya buat saat lomba dulu, waktu itu saya mengikuti lomba programming di Universitas Widyatama Bandung, dalam perlombaan tersebut kita diberikan soal yang merupakan kumpulan masalah yang harus kita atasi (problem solving) dengan logika kita sendiri, salah satu soal yang saya dapat yaitu membuat program segitiga piramida menggunakan simbol (*).

Membuat Segitiga Piramida dengan Java

Walaupun terlihat sederhana, tapi logika untuk membuat program tersebut lumayan sulit saat pertama kali membuatnya, untuk itu pada tutorial ini saya akan memberikan solusi bagaimana cara membuat piramida dengan simbol (*).

Materi Lainnya Yang Direkomendasikan:

Cara Membuat Segitiga Piramida menggunakan Java

Untuk membuat program seperti ini, kita akan menggunakan fungsi looping menggunakan for loops, dan untuk input menggunakan Scanner, jadi user diharuskan untuk menginputkan nilai yang digunakan sebagai ukuran atau tinggi dari piramida tersebut.

Didalam program tersebut terdapat 3 buah for loops, masing-masing for loops mempunyai tugas yang berbeda, yaitu untuk mengitung jumlah baris, jumlah spasi dan jumlah simbol (*), untuk itu coba kalian perhatikan source code berikut ini:

package WILDAN_TECHNO_ART;

import java.util.Scanner;

public class piramida {
    public static void main(String[] args){
        //Instance/Objek Input Scanner
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        System.out.print("Masukan Input: ");
        int tinggi = input.nextInt(); //Mendapatkan Input Dari User
        
        for(int t=1; t<=tinggi; t++){
            //Menghitung Jumlah Tinggi Piramida
            
            for(int s=t; s<=tinggi; s++){
                //Menghitung Jumlah Spasi per Baris
                System.out.print(" ");
            }
            
            for(int b=0; b<=(t*2)-2; b++){
                //Menghitung Jumlah Bintang per Baris
                System.out.print("*");
            }
            
            System.out.println(); //Membuat Baris Baru
        }
    }
}

Demo:

Contoh Program Segitiga Piramida Menggunakan Java

Penjelasan:

Jika kalian masih bingung pada program tersebut, akan saya jelaskan detail algoritma dan logikanya saya kalian bisa mengerti.

Disana kita menggunakan input dari user untuk nenentukan nilai Tinggi dari piramida tersebut, untuk membuat bentuk segitiga, kita menggunakan 3 buah for loops, didalam for loops tersebut terdapat 3 buah variable yaitu t (tinggi), s (spasi) dan b (bintang).

looping dimulai dari tinggi, lalu didalamnya bersarang 2 buah for loops, yaitu untuk menghitung spasi dan jumlah bintang, pada baris pertama, program akan menghitung jumlah spasi terlebih dahulu, nilai pada variable s mengikuti nilai dari variable t, agar susunan bintangnya terlihat rapih serta berada ditengah.

Setelah selesai menghitung jumlah spasi pada baris pertama, selanjutnya program akan menghitung jumlah bintang pada for loops kedua, didalam for loops tersebut yang paling penting adalah rumus b<=(t*2)-2, untuk menyesuikan jumlah bintang perbarisnya, didalam for loops tersebut akan mencetak 1 buah bintang.

Terakhir setelah itu program akan menjalankan fungsi System.out.println() untuk membuat baris baru dan looping pertama selesai, selanjutnya looping kedua dan seterusnya sampai jumlah input (tinggi) yang telah ditentukan.

Itulah penjelasan singkatnya mengenai program yang saya buat, untuk itu saya mohon maaf karena masih banyak kekurang dari pembahasan ini, semoga bisa bermanfaat untuk kalian walaupun penjelasannya masih kurang detail.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Berlangganan Untuk Menerima Update Terbaru:

Posting Komentar