Cara Memasang Iklan Admob pada Aplikasi Android


Assalamualakum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sebagai seorang developer android, jika ingin memasarkan produk yang kita buat, pastinya memerlukan monetisasi pada produk tersebut, untuk mendapatkan penghasilan dari aplikasi yang telah kita buat. Sebagai seorang publisher, salah satu jejaring iklan yang sangat populer dan paling banya digunakan saat ini adalah Google AdMob.

AdMob adalah perusahaan iklan mobile yang didirikan oleh Omar Hamoui. Ia didirikan pada tahun 2006 dan berbasis di San Mateo, California. Pada bulan November 2009 ia diakuisisi oleh Google seharga $ 750 juta. Akuisisi ini diselesaikan pada 27 Mei 2010. Apple Inc. juga telah menyatakan minatnya untuk membeli perusahaan itu pada tahun yang sama, tetapi mereka keluar-tawaran oleh Google, dan sejak memperkenalkan platform iklan mereka sendiri yaitu iAd. Sebelum diakuisisi oleh Google, AdMob mengakuisisi perusahaan AdWhirl, sebelumnya Adrollo, yang merupakan platform untuk mengembangkan iklan di aplikasi iPhone. AdMob menawarkan solusi iklan untuk platform mobile, termasuk Android, IOS, WebOS, Flash Lite, dan semua browser web mobile standar.

AdMob adalah salah satu platform terbesar di dunia iklan mobile dan klaim untuk melayani lebih dari 40 miliar banner mobile dan iklan teks per bulan di seluruh situs Web mobile dan aplikasi handset.


Cara Memasang Iklan Admob pada Aplikasi Android

Pada tutorial kali ini, saya akan mengajarkan pada kalian, mengenai cara pemasangan iklan AdMob pada Aplikasi Android, dengan begitu, aplikasi yang kalian buat bisa menghasilkan uang. Ada banyak sekali jenis Iklan yang disediakan pada AdMob, Seperti Banner/Spanduk, Interstitial, Rewarded Video dan Native Express.

Kalian dapat menggunakan salah satu atau beberpa jenis iklan tersebu pada aplikasi android, tentunya untuk memasang iklan AdMob, kalian harus daftar terlebih dahulu pada situs resminya, disini.

A. Iklan Banner atau Spanduk

Banner Ads atau Iklan spanduk merupakan gambar segi empat/segi panjang serta iklan teks yang menempati tempat di dalam tata letak aplikasi. Iklan ini tetap berada di layar selama pengguna berinteraksi dengan aplikasi, dan dapat merefresh/menyegarkan secara otomatis setelah jangka waktu tertentu.

Contoh dari Banner Ads:

WIldanTechnoArt-AdMb_BannerAds_Example

Kalian dapat melihat Tutorial cara pembuatannya, Disini.

B. Interstitial Ads

Interstitial Ads adalah iklan layar penuh/full screen yang mencakup antarmuka aplikasi. Jenis ini biasanya ditampilkan pada titik transisi alami dalam arus aplikasi, seperti antara aktivitas atau selama jeda antara tingkat dalam permainan. Saat sebuah aplikasi menampilkan iklan pengantara, pengguna memiliki pilihan untuk mengetuk iklan dan melanjutkan ke tujuannya atau menutupnya dan kembali ke aplikasi.

Contoh dari Banner Ads:

Screenshot-AdMb_InterstitialAds_Example

Kalian dapat melihat Tutorial cara pembuatannya, Disini.

C. Rewarded Video Ads

Rewarded Video ads adalah jenis iklan berbetuk video layar penuh, pengguna memiliki pilihan untuk menonton iklan tersebut dan akan diberikan imbalan, jenis iklan ini sangat cocok digunakan pada aplikasi game, banyak sekali developer game yang menggunakan unit iklan ini untuk mengingkatkan pendapatan.

Contoh dari Rewarded Video Ads:

Screenshot_RewardedAds-WildanTechnoArt

Kalian dapat melihat Tutorial cara pembuatannya, Disini.

D. Native Express

Iklan Jenis ini mirip dengan Iklan Spanduk/Banner Ads karena iklan persegi empat ini dapat kita pasang ke tata letak dan ukuran yang kita inginkan. Perbedaan utamanya adalah kita dapat mengontrol tampilan/style iklan tersebut, seperti ukuran gambar, font, warna, dan lain-lain dengan menggunakan CSS. AdMob menggabungkan template ini dengan aset pengiklan, seperti ikon, gambar, dan teks, sehingga iklan yang ditampilkan menjadi lebih bagus.

Contoh dari Native Express:

WildanTechnoArt-Screenshot_NativeExpress Ads Example

Kalian dapat melihat Tutorial cara pembuatannya, Disini.

D. Native Express Video

Iklan jenis Native Express yang dengan setelah yang dapat menampilkan sebuah Video.

Kalian dapat melihat Tutorial cara pembuatannya, Disini.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga tutorial yang saya berikan bisa bermanfaat untuk kalian semua, selebihnya, mohon maaf bila ada kesalahan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.




Disqus Comments