Tutorial Looping (while, do-while, for loops) Pada Java


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tutorial dasar mengenai penggunaan looping/perulangan pada java, ada 3 macam jenis perulangan pada java, yaitu while, do-while dan for loops. ketiganya memiliki fungsi yang sama, hanya saya syntax atau cara penulisannya saja yang berbeda, kalian bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

Panduan dasar pengunaan looping (while, do-while, for loops) pada java netbeans, struktur kontrol, boolean, true, false, statement, expression, java programming, netbenas IDE. Dari WILDAN TECHNO ART.

Looping atau struktur perulangan merupakan pernyataan dari java yang memungkinkan program untuk mengeksekusi block kode berulang kali, sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan, ketiga jenis perulangan tersebut akan kita bahas pada tutorial ini.

Materi Yang Harus Kalian Kuasai Sebelumnya:

A. while loop

while loop digunakan untuk mengeksekusi kode program berulang-ulang sampai kondisi tertentu, cara penulisan syntax pada while, seperti ini:

while(boolean_expression){
   //statement;
}

Pernyataan atau kode program didalam while akan terus di eksekusi berulang-ulang selama nilai pada boolean_expression bernilai "true", untuk menghentikan perulangan tersebut, kalian perlu memberikan pernyataan yang dapat mengubah boolean_expression menjadi "false". Contohnya seperti ini:

public class latihan_looping {

    public static void main(String[] args) {
        String sapaan = "Halo Pejuang";
        int jumlah = 0;
        while(jumlah < 5){
            System.out.println(sapaan);
            jumlah++;
        }
    }
}

Coba kalian perhatikan, program tersebut akan mengeluarkan output "Halo Pejuang" sebanyak 5 kali, kode program didalam while akan terus di eksekusi selama jumlah lebih kecil dari 5, di akhir statement, kita menambahkan jumlah++ (Increment), agar perulangan berhenti pada suatu kondisi diamana jumlah tidak lebih kecl dari 5.

Program tersebut akan menghasilkan output seperti ini:

WildanTechnoArt-While Loop Example Java Programming

Perlu kalian ingat, jika variable jumlah++ dihilangkan, itu akan mengakibatkan infinite loop atau looping berulang-ulang tanpa berhenti.

B. do-while loop

do-while hampir sama dengan while loop, yang membedakannya adalah, while loop akan meihat kondisi boolean_expression terlehih dahulu, jika bernilai "true", maka pernyataan didalamnya akan dijalankan, berbeda dengan do-while, pada do-while, pernyataan akan di eksekusi terlebih dahulu sebelum mengevaluasi boolean_expression.

do{
   //statement;
}while(boolean_expression);

Coba kalian perhatikan kode program berikut ini, program akan mengeksekusi pernyataan didalam do terlebih dahulu, walaupun kondisi pada boolean_expressionnya bernilai "false",

public class latihan_looping {

    public static void main(String[] args) {
        String saya = "Indonesia";
        int x = 0;
        do{
            System.out.println(saya);
            x++;
        }while(x > 9);
    }
}

WildanTechnoArt-Do-While Loop Example Java Programming

Program tersebut hanya akan mengeluarkan outputnya satu kali, pernyataan didalam do akan di eksekusi lagi jika kondisi boolean_expression bernilai "true".

public class latihan_looping {

    public static void main(String[] args) {
        String saya = "Indonesia";
        int x = 0;
        do{
            System.out.println(saya);
            x++;
        }while(x < 6);
    }
}

WildanTechnoArt-Do-While Loop Example 2 Java Programming

C. for loops

Penggunaan for loops hampir sama dengan kedua struktur perulangan sebelumnya yaitu while dan do-while, cara penulisan syntaxnya pun berbeda dengan kedua statement tersebut. tetapi memiliki fungsi yang sama yaitu untuk melakukan looping/perulangan sebanyak jumlah yang telah ditentukan.

for(inisialisasi_variable; kondisi; stepExpression){
  //statement
}

Ada tiga paramater yang umum digunakan untuk membuat for loop, yaitu:
  • inisialisasi_variable - menginisialisasi dari variable loop.
  • kondisi - membandingkan nilai pada variable loop dengan nilai batas, yang menghasilkan nilai boolean.
  • stepExression - melakukan update pada variable loop.

Contoh penggunaan for loops seperti berikut ini:

public class latihan_looping {

    public static void main(String[] args) {
        String kamu = "Bisa";
        int jumlah = 5;
        for(int x=0; x<jumlah; x++){
            System.out.println(kamu);
        }
    }
}

Program tersebut akan menghasilkan output "Bisa" sebanyak 5 kali, pertama-tama, for akan melihat kondisi jika x lebih kecil dari 5 (jumlah) maka statement didalamnya akan dijalankan, setelah itu value pada variable x akan bertambah 1 (x++) sampai kondisi bernilai "false".

WildanTechnoArt-For Loops Example Java Programming

Terimakasih telah berkunjung, semoga tutorial yang saya buat bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika ada yang ingin kalian tanyakan, silakan isi komentar dibawah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Wildan M Athoillah
Wildan M Athoillah Blogger dan spesialis pembuat aplikasi android.