Cara Menambahkan Firebase pada Project Android

Assalamualaikum Waharmatullahi Wabarakatuh. Kali ini, saya akan membahas tutorial seputar Google Firebase untuk project android, pada tutorial ini, kalian akan belajar bagaimana cara menghubungkan aplikasi android yang kalian buat dengan Firebase dan Analitycs.

Cara Menambahkan Firebase ke Project Android, com.google.firebase:firebase-core analitycs, com.google.gms:google-services, google-services.json, Firebase SDK. Dari WILDAN TECHNO ART.

Apa itu Firebase? Firebase adalah Backend as a Service(BaaS) atau disebut juga sebagai penyimpanan cloud backend yang digunakan untuk mengelola pengguna, Firebase dimiliki oleh raksasa perusahaan yaitu Google. Firebase diugnakan untuk mempermudah pekerjaan Mobile Apps Developer. Dengan adanya Firebase, seorang developer bisa fokus mengembangkan aplikasinya tanpa harus memerlukan biaya yang mahal, karena Firebase bisa digunakan secara gratis.
Firebase Analytics. Firebase Cloud Messaging dan Notifications. Firebase Authentication. Firebase Remote Config. Firebase Real Time Database. Firebase Crash Reporting.
Fitur pada Firebase
Banyak sekali fitur yang dimiliki oleh Firebase, yaitu sebagai berikut:
  • Firebase Analytics.
  • Firebase Cloud Messaging dan Notifications.
  • Firebase Authentication.
  • Firebase Remote Config.
  • Firebase Real Time Database.
  • Firebase Crash Reporting.

Pertama kita akan belajar cara menghubungkan aplikasi android dengan Firebase, untuk itu silakan kalian simak dan pahami tutorial berikut ini.

Cara Menambahkan Firebase pada Project Android

Pertama-tama login terlebih dahulu pada akun Gmail kalian, setelah itu buka dan kunjungi website Firebase tersebut pada link berikut ini https://firebase.google.com/?hl=id

Klik GO TO CONSOLE
WildanTechnoArt-Cara Menambahkan Firebase pada Project Android-loginFirebase
GO TO CONSOLE-Firebase

Untuk membuat project baru, klik Tambahkan proyek(+).
WildanTechnoArt-Cara Menambahkan Firebase pada Project Android-TambahkanProyek ke Firebase
Tambahkan proyek baru(+)

Isi nama proyek, ID project dan Negara/Wilayah kalian, setelah itu klik Buat Proyek.
WildanTechnoArt-Cara Menambahkan Firebase pada Project Android-BuatProyek
Nama proyek, ID project, Negara/wilayah

Selanjutnya kita buat project baru pada android studio, berinama project tersebut lalu package serta buat activity baru, jika sudah, kembali ke halaman Firebase kalian, lalu klik icon berlogo android.
WildanTechnoArt-Tambahkan Firebase ke Aplikasi Android
Tambahkan Firebase ke aplikasi Android

Isi Nama paket/package aplikasi kalian, isi nama pendek aplikasi(jika diperlukan), lalu masukan kode SHA-1 yang terdapat pada project tersebut. jika kalian masih bingung bagaimana cara mandapatkan kode SHA-1, tutorialnya bisa kalian lihat Disini. terakhir klik Daftarkan Aplikasi.
WildanTechnoArt-Mendaftarkan Project Aplikasi pada Firebase
Mendaftarkan Project Aplikasi Android

Download File Konfigurasi google-services.json, setelah selasai didownload, pindahkan file tersebut pada direktori app/root yang terdapat pada project tersebut. klik Lanjutkan.
WildanTechnoArt-Mendownload File Konfigurasi google-services.json Firebase
Download File Konfigurasi google-services.json

Tambahkan Firebase SDK pada project yang kalian buat, pertama masuk pada file build.gradle(Project-Level), lalu masukan pluign "com.google.gms:google-services:3.1.0perhatikan gambar berikut ini.
WildanTechnoArt-Buld.Gradle(Project-Level)
Buld.Gradle(Project-Level) Add Pluign

Selanjutnya buka bulid.gradle(app-level) lalu tambahkan library 'com.google.firebase:firebase-core:10.2.6'  pada dependencies, library ini yang menyediakan fungsionalitas Google Analytics untuk Firebase, lalu tambahkan baris apply plugin di bagian bawah dependencies untuk mengaktifkan plugin Gradle.
WildanTechnoArt-Buld.Gradle(App-Level)
apply pluign dan menambahkan library firebase analitycs

Sampai disini, project kalian sudah terhubung dengan Firebase, pada tutorial selanjutnya, saya akan membahas mengenai penggunaan Firebase Analitycs, jika ada yang ini kalian tanyakan, silakan isi komentar dibawah dan jangan lupa untuk follow fansPage WILDAN TECHNO ART untuk mendapatkan update terbaru. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.




Disqus Comments