Tutorial Syntax Dasar Pemrograman Java

Assalamualaikum Wr.Wb, Sebelumnya kita sudah membahas cara membuat sebuah Project baru Pada Netbeans IDE, Di postingan kali ini WildanTechnoArt akan mengajarkan kalian tentang Basic pada Pemrograman Java yaitu menampilkan output Hello World. Hello World merupakan Keluaran yang nantinya akan di tampilkan pada layar Monitor.

Syntax dasar pemrograman java. Menampilkan Helo World

Setelah kalian memahaminya kalian bisa langsung memperaktekannya dan membuat kreasi sendiri. Ok langsung saja kita simak tutorial berikut ini.

1) Pertama buka Aplikasi Netbeans IDE dan buat Project Baru. Cara Membuat Project Baru Pada Netbeans IDE.

2) Pada Class yang sudah kalian buat, Masukan Script/Kode berikut ini :

package JavaPrograming;
/**
* Selamat Datang di WildanTechnoArt
*/
public class ClassLatihan {
    public static void main (String[] args){
      System.out.println("Hello World");
    }
}

3) Lalu klik Icon Run Project seperti gambar dibawah ini :
  • package (nama package) : Menandakan nama package yang telah kalian buat, pada saat membuat class.
  • /** sampai dengan tanda */ : Disebut Multiline comment. Multiline comment merupakan komentar yang bisa memiliki banyak baris.
  • Selamat datang di WildanTechnoArt : Merupakan isi dari sebuah komentar, fungsinya untuk memberikan informasi kepada programmer atau pembaca program mengenai maksud dari baris program yang kita buat, Komentar tidak akan di eksekusi saat program dijalankan
  • public class (nama class) : Yaitu nama class yang kalian buat, karena bersifat public jadi data maupun method dalam suatu kodingan tersebut dapat diakses oleh semua bagian di dalam program.
  • public static void main (String[] args) : Merupakan method utama yang berfungsi untuk menjalankan sebuah program yang telah kita buat, jadi setiap baris kode yang kita buat harus berada didalam method main, jika tidak program tidak akan berjalan
  • System.out.println(); : Berfungsi untuk menampilkan output pada layar monitor, kata Hello World, bisa kalian ubah dengan kata-kata yang lain, karena menggunakan tipe data String jadi setiap output harus diawali dan diakhiri menggunakan kutip dua (" "). Jika seperti ini : (Hello World); maka akan error, yang benar adalah ("Hello World");

Tambahan :
  • Java bersifat case sensitif, jadi setiap kode harus ditulis dengan benar, ada satu saja huruf yang berbeda pada kode tersebut maka akan error semuanya jadi berhati-hati dan harus teliti. 
  • Setiap Statement harus diawali dan diakhiri dengan { } (kurung kurawal). 
  • Dan setiap statement pada java harus diakhiri dengan ; (titik koma).

Sekian dari saya jika Postingan tersebut bermanfaaat kalian bisa mengshare ke teman-teman kalian, atau kalian bisa mengsuscrible agar mendapatkan update terbaru dari WildanTechnoArt, hanya itu yang bisa saya bagikan mohon maaf bila ada kesalahan, Wassalamualaikum. Wr.Wb.




2 Responses to "Tutorial Syntax Dasar Pemrograman Java"