Cara Flashing Firmware Samsung Galaxy Young 2 S6310 via Odin

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Kali ini WildanTechnoArt akan berbagi tutorial mengenai cara Flashing Firmware Samsung Galaxy Young 2 S6130 menggunakan Odin, Odin sendiri merupakan sebuah program yang berguna untuk proses update/flashing firmware terutama untuk ponsel Samsung. Proses Flashing di gunakan jika Ponsel kalian Bermasalah/Error seperti Terkena Virus, Gagal Booting/Bootlop atau karena sering mengutak-atik System yang sudah di Root.
Cara Flashing Firmware Samsung Galaxy Young 2 S6310 via Odin
Dengan Flashing ulang, semua kondisi pada Samsung Galaxy Young 2 S6310 akan seperti baru, termasuk semua data-data kalian akan hilang. Proses Flashing tersebut terbilang mudah, kalian tidak perlu repot-repot pergi ke konter service untuk memperbaikinya, kalian cukup mengerjakannya sendiri di rumah.

Persiapan Alat
  • HP Samsung Galaxy Young 2 S6310 - Disarankan Baterai minimal 50%
  • Kabel Data/USB
  • Komputer/Laptop

Bahan-bahan yang diperlukan

Langkah-langkah Flashing

1. Download dan Extract semua bahan yang sudah kalian download, menggukan Winrar atau Sejenisnya
2. Install Samsung USB Driver pada Laptop/Komputer Kalian. ikuti setiap instruksi yang diberikan.sampai selesai.
3. Buka Aplikasi Odin3, setelah itu klik Tombol AP dan cari dimana kalian menyimpan file Firmware Samsung S6310 yang sudah di download, Coba perhatikan Gambar berikut ini :


4. Pastikan Ponsel kalian dalam keadaan Mati, berikutnya masuk ke Mode Download dengan cara Tekan dan Tahan Tombol Power + Home + Volume (-) secara bersamaan. Hingga muncul tampilan Download Mode, lalu Tekan Volume (+) untuk Continue.
5. Sambungkan Ponsel kalian pada Komputer/Laptop, Perhatikan jika ID:COM sudah terisi Angka maka Ponsel kalian sudah tersambung.
6. Klik Tombol Start, tunggu hingga Proses Flashing selesai dan terdapat tulisan PASS.

Catatan : Setelah selesai, disarankan untuk masuk ke Recovery Mode, dengan cara Tekan  dan Tahan Home + Power + Volume (+) secara bersamaan, lalu pilih Wipe Data Factory Reset dan Wipe Cache,  pilih yes -- delete all user pada keduanya, agar proses Flashing lebih sempurna.

7. Terakhir Reboot/Restart Ponsel kalian dan Selesai, Samsung Galaxy S6310 kalian sudah kembali seperti Baru.

Demikian Tutorial mengenai Cara Flashing Firmware Samsung Galaxy Young 2 S6310, saya sarankan untuk Share kepada teman-teman kalian agar jika terjadi kerusakan, kalian tidak perlu repot-repot untuk datang kepada Service Center, jika dengan ini kalian bisa menghemat biaya. OK Terakhir dari saya, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Wildan M Athoillah
Wildan M Athoillah Blogger dan spesialis pembuat aplikasi android.